Memaknai Setiap Perjalanan

Selama bertugas di Bulungan aku menumpang tinggal dirumah salah satu teman bernama Yulia, tempat tinggalnya cukup jauh dari kota. Sunyi, tenang bahkan sangat sejuk. Disana aku mempelajari banyak hal, tentang kerja keras dan pengorbanan. Yulia dan adiknya rela jauh dari orang tua. Adiknya sekolah disana karena dianggap lebih maju dari desanya didaerah trans, dan Yulia terpaksa ikut merantau agar dekat dari lokasi kerja. Mereka kompak, Yulia beruntung karena masih punya saudara untuk saling menyemangati disana. Mereka begitu baik padaku. Melayani aku seperti saudara, meenyiapkan aku makanan saat mereka makan, aah.. rasanya aku jadi tak enak. Beberapa kali aku juga harus melakukan hal yang sama membelanjakan mereka makan, karena mereka begitu baiknya.

Alhamdulillah seluruh tugasku didesa ini selesai kulaksanakan.

Hari ke empat aku pindah tinggal di Tanjung Selor, karena memang ada beberapa desa yang harus kukunjungi didaerah sini. Tinggal menumpang dirumah kak erna. Salah satu senior saat kuliah dulu. Kak erna adalah teman yang dari dulu hingga sekarang tak pernah berubah. Selalu humble dan menerimaku kapan saja.

Dirumah kak erna, aku juga belajar banyak hal. Punya orang tua utuh yang masih sehat, membuatku iri dengan kak erna. Aku sangat bahagia melihat kekompakan mereka. Setiap pagi buta orangtuanya berangkat kekampung dengan ketinting mengambil buah duku dan durian, pulang waktu senja kemudian makan bersama diruang tv kemudiam berjualan hasil buahnya.
Andai aku masih punya orang tua yang utuh, pasti akan sehangat ini suasana yang kulihat.
Orang yang paling beruntung didunia ini adalah mereka yang masih memiliki orang tua lengkap dan hidup bersama.

Entah miskin, susah ataupun sedih, tapi jika orang tua masih sehat, hampir taka da lagi hal yang perlu dirisaukan. Kita perlu bersyukur.
Banyak pelajaran dalam setiap perjalanan.
Alhamdulillah, selain bekerja setiap tujuan selalu punya cerita.
Singgah ke masjid terdekat saat dalam perjalanan kunjungan harus sholat, bertemu ibu ibu tua yang berjualan hingga sore yang baik selalu menyapa, ditraktir makan durian oleh teman kerja dan masih banyak lagi.


Comments

Popular posts from this blog

Ingin mengenal PMII ? Simak Fakta Menarik Berikut Ini

Suka Nongkrong? 7 Tempat Hits Ini Bisa Jadi Referensi Kamu

6 Selebgram Ini Jadi Idola Pengguna Instagram Masa Kini, Yuk Intip Kisahnya!