Ingin mengenal PMII ? Simak Fakta Menarik Berikut Ini


Pergerakan mahasiswa islam Indonesia atau yang biasa disingkat PMII  adalah organisasi kepemudaan eksternal kampus yang lahir pada  17 April 1960. Organisasi ini sangat banyak disukai oleh mahasiswa  di banyak perguruan tinggi negeri bahkan swasta. Dimana PMII tersebar hampir diseluruh wilayah Indonesia.
Apa saja sih fakta menarik tentang PMII? Mari kita bahas satu per satu.

1.      Dipanggil “Sahabat”
Nah, antar anggota PMII punya panggilan khusus loh. Setiap anggota atau yang biasa disebut kader PMII memanggil atau menyebut dirinya “sahabat”. Misal nama anggota tersebut Fadlan, maka setiap kali bertemu atau diskusi akan memanggil dengan sebutan Sahabat Fadlan. Hal ini sudah menjadi hal biasa bagi sesama kader, malah semakin menambah keakraban dan persaudaraan .

2.      Identik dengan *9
Logo PMII yang memiliki gambar bintang 9 seringkali menjadi tanda atau ciri khas organisasi maupun kader anggotanya.  Bintang 9 yang memiliki makna semangat yang tinggi tersebut menjadi kebanggan tersendiri, dimana 5 bintang artinya Rasulullah serta  4 sahabatnya, dan 4 bintang lainnya menggambarkan empat mahzab yang berhaluan aswaja. *9 juga menggambarkan Walisongo sebagai penyebar Islam di Nusantara lho. Unik yah! :))

3.      Identik dengan Warna Biru dan Kuning
Setiap kali ada perkumpulan organisasi, PMII akan sangat mudah dikenali. Warna biru kuning yang terdapat dalam lambang organisasi ini terus menjadi warna ciri dan khas dalam setiap pergerakan organisasi ini.

4.      Tokoh-Tokoh Hebat
Organisasi yang berusia 57 tahun ini memiliki banyak jebolan tokoh-tokoh hebat dan berprestasi di Indonesia. Tentu hal ini menjadi semangat para kader dalam meningkatkan kualitas diri dan terus belajar memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Siapa ajasih tokoh hebat tersebut? Presiden Abdul Rahman Wahid atau yang biasa dikenal sebagai Gusdur merupakan tokoh inspiratif organisasi PMII, selain beliau ada juga alumni PMII seperti ; Menteri Khofifah, Imam Nahrawi,  Muhaimin Iskandar dan masih banyak lagi tokoh hebat lainnya yang berhasil menjadi pelayan masyarakat seperti Bupati, Walikota diberbagi daerah nusantara.



5.      Berideologi Ahlussunnah Wal Jamaah
PMII memiliki ideologi yang jelas dan terbuka, yaitu Ahlussunnah Wal Jamaah atau Aswaja. Sebagaimana NU, PMII yang merupakan anak kandung organisasi yang didirikan KH Hasyim Asy’ari ini juga menegaskan Aswaja sebagai nafas pergerakannya. Dalam PMII, Aswaja dijadikan sebagai metode berfikir (manhaj al-fikr)dan metode bergerak (manhaj al-harakah). Pada sisi ini PMII menunjukkan anti taqlid, jumud, kaku dan tidak dinamis membaca realitas-realitas persoalan yang terjadi di masyarakat.

6.      Mapaba
Mapaba adalah salah satu kegiatan organisasi PMII yang paling terpopuler. Dimana mapaba ini merupakan kegiatan kaderisasi bagi anggota baru yang ingin masuk bergabung di PMII. Mapaba biasanya dilaksanakan 1 sampai 3 bulan sekali melalui rangkaian kegiatan pemberian materi, praktik simulasi sidang dan pembaitan/pengukuhan.

Sahabat, itu tadi 6 fakta tentang PMII. Artikel ini bisa kamu jadikan salah satu jawaban ringan bagi teman-teman kamu yang masih penasaran tentang PMII.
Kamu punya fakta-fakta menarik lainnya? Yuk share di kolom komentar. Diskusi bermanfaat lebih baik daripada debat kusir membahas hal yang tidak bermanfaat.

Salam Pergerakan!

Comments

Popular posts from this blog

Suka Nongkrong? 7 Tempat Hits Ini Bisa Jadi Referensi Kamu

6 Selebgram Ini Jadi Idola Pengguna Instagram Masa Kini, Yuk Intip Kisahnya!