Ngopi Bareng Ombudsman
Kamis, 9 November 2017 Aku berkesempatan ikut menjadi satu
diantara 25 orang peserta ngopi bareng Ombudsman. Pukul 19.30 aku bergegas ke
Kedai Bean Laden, sampai disana mengisi daftar tamu dan diberikan handbag oleh
mba panitia yang duduk dikursi sambut.
Seperti acara workshop pada umumnya, kita diberikan materi
pengenalan “Apa Itu Ombudsman” dan “Apa Tugas Ombudman” dan berbagai materi
yang bisa membawa pesertanya pada pemahaman tentang adanya Ombudsman di
Kalimantan Utara. Sebagai peserta aku merasa enjoy dengan workshop ini, tidak
membuat ngantuk ataupun bosan. Diselingi music akustik dan stand up comedy :D
Apalagi kita disuguhkan dengan menu pilihan makanan dan minuman, sebagai anak kos aku merasa terfasilitasi WKWK
Yaaah.. diluar itu semua aku merasa senang lah. Banyak
mahasiswa yang belum mengetahui apa itu ombudsman, bahkan mengira bahwa
ombudmas adalah sosok manusia. Dengan adanya kegiatan bisa membuka pengetahuan
baru bagi 25 peserta yang ada. Minimal 25 peserta ini bisa mengedukasi dan
memberikan informasi bagi 25 bahkan lebih kepada orang lainnya.
Dari apa yang sudah aku ketahui sebelumnya ditambah dengan materi semalam, bahwa Ombudsman adalah lembaga pelayanan public yang akan melayani
dan membantu masyarakat dari adanya mala administrasi. Semisal ada lembaga yang
menggunakan dana APBN, APBD, Swasta ataupun lembaga yang kegiatannya menyangkut
kepentingan public melakukan maladministrasi, pungli, pelayanan buruk dan
semacamnya kepada masyarakat maka pihak yang merasa dirugikan (masyarakat) bisa
melapor kepada ombudsman. Seperti itu kira-kira.
Kepala Perwakilan Ombudsman Kalimantan Utara,Bapak Ibramsyah
sendiri juga menegaskan kepada peserta ngopi bareng bahwa tidak perlu takut untuk
melapor jika merasa ada kegiatan maladministrasi yang dialami maupun yang
diketahui dilingkungan sekitar.
Sekalipun itu pelayanan buruk seperti menunda-nunda dan sengaja menghambat urusan kita sebagai masyarakat, itu bisa dilaporkan kepada ombudsman.
Sekalipun itu pelayanan buruk seperti menunda-nunda dan sengaja menghambat urusan kita sebagai masyarakat, itu bisa dilaporkan kepada ombudsman.
Kegiatan seru ini semoga bisa kembali ada dengan konsep yang
lebih keren lagi. Semoga bisa bersinergi dengan 25 peserta yang sudah dibekali
materi, kalau bisa dengan Komunitas OPOB juga deh ehehe :”))
Btw, Ombudsman juga akan mengadakan kegiatan lomba akustik
lho di Taman Berlabuh Tarakan, ikutan cuy hadiahnya lumayan buat nraktir pacar
malam mingguan sebulanan :D
Yaudah, akhir kata aku mengucapkan terimakasih banyak buat
Ombudsman yang sudah mengundang kita-kita dengan segala wejangannya. Makasih
juga uang sakunya :”))
Ombudman Kaltara, Melayani tanpa pamrih, Mengawasi tanpa
berpihak.
Comments
Post a Comment