Ngopi Bareng Ombudsman

Kamis, 9 November 2017 Aku berkesempatan ikut menjadi satu diantara 25 orang peserta ngopi bareng Ombudsman. Pukul 19.30 aku bergegas ke Kedai Bean Laden, sampai disana mengisi daftar tamu dan diberikan handbag oleh mba panitia yang duduk dikursi sambut.

Seperti acara workshop pada umumnya, kita diberikan materi pengenalan “Apa Itu Ombudsman” dan “Apa Tugas Ombudman” dan berbagai materi yang bisa membawa pesertanya pada pemahaman tentang adanya Ombudsman di Kalimantan Utara. Sebagai peserta aku merasa enjoy dengan workshop ini, tidak membuat ngantuk ataupun bosan. Diselingi music akustik dan stand up comedy :D

Apalagi kita disuguhkan dengan menu pilihan makanan dan minuman, sebagai anak kos aku merasa terfasilitasi WKWK

Yaaah.. diluar itu semua aku merasa senang lah. Banyak mahasiswa yang belum mengetahui apa itu ombudsman, bahkan mengira bahwa ombudmas adalah sosok manusia. Dengan adanya kegiatan bisa membuka pengetahuan baru bagi 25 peserta yang ada. Minimal 25 peserta ini bisa mengedukasi dan memberikan informasi bagi 25 bahkan lebih kepada orang lainnya.



Dari apa yang sudah aku ketahui sebelumnya ditambah dengan materi semalam, bahwa Ombudsman adalah lembaga pelayanan public yang akan melayani dan membantu masyarakat dari adanya mala administrasi. Semisal ada lembaga yang menggunakan dana APBN, APBD, Swasta ataupun lembaga yang kegiatannya menyangkut kepentingan public melakukan maladministrasi, pungli, pelayanan buruk dan semacamnya kepada masyarakat maka pihak yang merasa dirugikan (masyarakat) bisa melapor kepada ombudsman. Seperti itu kira-kira.

Kepala Perwakilan Ombudsman Kalimantan Utara,Bapak Ibramsyah sendiri juga menegaskan kepada peserta ngopi bareng bahwa tidak perlu takut untuk melapor jika merasa ada kegiatan maladministrasi yang dialami maupun yang diketahui dilingkungan sekitar.
Sekalipun itu pelayanan buruk seperti menunda-nunda dan sengaja menghambat urusan kita sebagai masyarakat, itu bisa dilaporkan kepada ombudsman.

Kegiatan seru ini semoga bisa kembali ada dengan konsep yang lebih keren lagi. Semoga bisa bersinergi dengan 25 peserta yang sudah dibekali materi, kalau bisa dengan Komunitas OPOB juga deh ehehe :”))

Btw, Ombudsman juga akan mengadakan kegiatan lomba akustik lho di Taman Berlabuh Tarakan, ikutan cuy hadiahnya lumayan buat nraktir pacar malam mingguan sebulanan :D

Yaudah, akhir kata aku mengucapkan terimakasih banyak buat Ombudsman yang sudah mengundang kita-kita dengan segala wejangannya. Makasih juga uang sakunya :”))

Ombudman Kaltara, Melayani tanpa pamrih, Mengawasi tanpa berpihak. 

Comments

Popular posts from this blog

Ingin mengenal PMII ? Simak Fakta Menarik Berikut Ini

Suka Nongkrong? 7 Tempat Hits Ini Bisa Jadi Referensi Kamu

6 Selebgram Ini Jadi Idola Pengguna Instagram Masa Kini, Yuk Intip Kisahnya!